5000 Peserta MTQ Jabar Ikuti Pawai Ta’aruf

RUBRIKBEKASI.COM, Cikarang Pusat – Sedikitnya 5.000 peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 turut memeriahkan pawai perkenalan atau taaruf bertempat di area Central Park Meikarta, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Minggu (28/4).

“Ini membawa warna baru dan standar baru penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi. Dengan jumlah peserta 5.000-an dan mereka juga membawa suporter dari daerah masing-masing,” kata Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan.

Dia mengatakan, kegiatan pawai perkenalan ini disebut paling meriah dalam sejarah penyelenggaraan pawai taaruf MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat. Kemeriahan itu turut didukung sejumlah fasilitas yang luar biasa.

Bacaan Lainnya

Mulai dari kantung parkir yang relatif sangat luas, arena pawai berada di luar arus lalu lintas sehingga cukup aman, serta beragam pertunjukan atraksi yang ditampilkan seluruh rombongan atau kafilah peserta.

“Biasanya penyelenggaraan pawai taaruf dilakukan pusat kota, alun-alun, ini di area danau. Kemudian nanti juga ada rangkaian kegiatan yang dipersembahkan khusus untuk peserta juga masyarakat Kabupaten Bekasi dan sekitar,” ujarnya.

Pertama, wisata industri di mana peserta dari seluruh kafilah akan diajak berkeliling ke sejumlah perusahaan untuk mengenal dan mengetahui dari dekat proses produksi produk-produk yang mereka konsumsi.

Kegiatan wisata industri ini disajikan secara gratis kepada seluruh peserta MTQ Jawa Barat 2024 dengan menggandeng sejumlah pengelola kawasan industri sekaligus untuk mempromosikan potensi Kabupaten Bekasi ke daerah lain.

Pada Jumat (3/5) mendatang, kafilah peserta MTQ kembali disuguhkan pertunjukan seni budaya lokal Kabupaten Bekasi bertajuk ‘Lebaran Bekasi’ yang juga selalu diselenggarakan pemerintah daerah secara rutin setiap tahun.

“Berbagai tradisi budaya lokal kita dipertunjukkan di Lebaran Bekasi dan peserta MTQ bisa menyaksikan langsung. Kita juga ada pameran dan bazar UMKM sebagai ajang promosi pelaku usaha kecil kita sekaligus mengenalkan produk-produk unggulan mereka kepada seluruh kafilah,” jelasnya.

Dani menyatakan, seluruh rangkaian kegiatan penunjang ajang MTQ Jawa Barat 2024 ini digelar demi mewujudkan kesuksesan Kabupaten Bekasi selaku tuan rumah dari segi penyelenggaraan.

“Target kita salah satunya sukses penyelenggaraan. Target utama juara umum dengan cabang unggulan kategori tahfiz. Setahun ini kita sudah lima kali pemusatan latihan, pelatih kita juga bukan hanya dari sini tapi juga provinsi bahkan nasional. Dan dari simulasi-simulasi yang telah kita lakukan, Insya Allah dengan doa seluruh masyarakat, kita bisa meraih juara umum,” tandasnya.(RED)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *